PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Inilah Kunci Sukses Dalam Sebuah Pelayanan

*Sumber:pixabay.com
(KupasAbis.com) Belakangan ini istilah pelayanan kian menjadi primadona. Semua orang, baik secara pribadi maupun secara instansi berbicara tentang pelayanan. Bahkan saat ini semua instansi atau perusahaan berlomba-lomba untuk membuat pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kata pelayanan sejatinya berasal dari “pelayan” yang artinya orang yang melayani. Ketika mendapat imbuhan an, menjadi "pelayanan" maka akan mengalami pergeseran arti. Pelayanan bisa diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada orang lain. Dalam lingkup yang lebih besar seperti instansi atau perusahaan, pelayanan bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekumpulan orang untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Terkait pelayanan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Majalengka, Yayat Hidayat menyatakan, pelayanan harus diberikan dengan penuh keikhlasan yang ditandai dengan ramah, lemah lembut dan murah senyumu. Hal itu diungkapkan didepan segenap pegawai dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Majalengka, Jum'at (28/2/20) di Aula Kemenag Majalengka. Menurutnya, kunci kesusksesan sebuah pelayanan adalah sikap, baik dalam gesture, tutur kata, maupun perbuatan. Sikap yang baik bisa membuat masyarakat atau stakeholder senang, gembira dan respect.

Hal ini senada dengan yang dipaparkan oleh Parasuraman dkk dalam website pengertiandefinsi.com. Ia mengemukakan bahwa ada lima dimensi yang harus diperhatikan dalam sebuah pelayanan.
  1. Tengible, berkaitan dengan fasilitas fisik, pegawai, perlengkapan, dan juga sasaran Komunikasi. Pelayanan yang baik memerlukan fasilitas yang lengkap, dan pegawai yang cukup. 
  2. Emphaty, berkaitan dengan kemudahan melakukan hubungan, komunikasi yang bagus, perhatian individu, dan juga memahami kebutuhan pelanggan.
  3. Responsiveness, berkaitan dengan keinginan para pelayan untuk membantu setiap pelanggan dan juga memberikan pelayanan yang tanggap.
  4. Reliability, berkaitan dengan kemampuan memberikan pelayanan yang segera, andal, akurat, dan juga memuaskan.
  5. Assurance, berkaitan dengan kemampuan, pengetahuan, kesopanan, dan juga sifat terpercaya.
Kelima hal tersebut menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah pelayanan. Jika salah satu dari lima hal tersebut tidak terpenuhi maka kualitas layanan akan berkurang bahkan buruk. 
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment